Jati, Pohon Penghasil Kayu Berkualitas

Jati, Pohon Penghasil Kayu Berkualitas

Jati, Pohon Penghasil Kayu Berkualitas

Jati, Pohon Penghasil Kayu Berkualitas

Tanaman jati (Tectona grandis) merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Daun dari tanaman jati dapat digunakan sebagai makanan maupun obat-obatan. Beberapa tahun belakangan ini, penggunaan obat herbal cukup marak, salah satunya berasal dari daun pohon jati. Para peneliti menemukan beragam manfaat yang dimiliki oleh daun pohon jati. Apa saja manfaat daun jati yang sudah terbukti bagi kesehatan? Simak ulasannya di sini.

Berbagai manfaat daun jati bagi tubuh

Meskipun tidak bisa digunakan untuk menggantikan pengobatan medis sepenuhnya, manfaat daun jati untuk merawat kesehatan dan mengurangi gejala penyakit sayang dilewatkan.

1. Membantu mengurangi gejala asma

Daun pohon jati memiliki manfaat untuk mengurangi dan mencegah asma. Goswami et al., (2010) melakukan penelitian menggunakan model binatang. Dan dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa ekstrak dari daun tanaman jati memiliki efek signifikan sebagai anti asma.

2. Membantu mengobati cacingan

Daun dari pohon jati dipercaya dapat melawan infeksi parasit seperti cacing. Guraraj et al., (2011) menemukan bahwa ekstrak dari daun jati dapat dimanfaatkan untuk mengobati cacingan. Penelitian dilakukan dengan menentukan waktu kelumpuhan dan kematian cacing terhadap obat standard piperazine citrate. Hasilnya, daun pohon jati memiliki efek yang cukup ampuh seperti piperazine citrate  dalam melawan cacing penyebab penyakit.

3. Perawatan kulit

Daun pohon jati dapat dimanfaatkan sebagai agen antiradang pada kulit. Anda bisa mengambil sari daun tanaman jati dengan cara diperas atau digerus. Setelah itu, perasan daun jati bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit kulit karena peradangan, misalnya jerawat. Daun ini juga bisa membantu mengatasi kulit yang terasa gatal.

4. Agen diuretik

Daun pohon jati dipercaya dapat membantu diuretik dalam tubuh sehingga Anda akan menjadi lebih sering buang air kecil. Menurut Phalphale (2013), aqueous extract dari daun pohon jatilah yang memiliki efek diuretik tersebut.

5. Kaya akan antioksidan

Daun tanaman jati mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh dalam melawan radikal bebas. Ramachandrana et al., (2011) menemukan bahwa komponen phenolic pada daun tanaman jati memiliki agen antioksidan yang sangat baik. Radikal bebas sendiri bisa menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker serta penuaan dini.

Berikut ini ada beberapa bagian pohon jati dan pemanfaatannya.

  1. Kayu Pohon Jati

Kayu pada tanaman pohon jati dapat dimanfaatkan sebagai bahan keperluan baguanan seperti soko atau tiang, atap rumah, jendela, pintu, meja, kursi, almari, dll. Mengepa bahan-bahan tersebut terbuat dari kayu jati? Kayu jati merupakan jenis kayu yang mudah dalam pemotongannya dan lebih awet dan tahan lama. Berbeda dengan kayu jenis lain yang mudah rapuh.

  1. Daun Jati

Daun jati tidak hanya digunakan sebagai bungkus makanan saja namun jika ingin mendapatkan pewarna merah dari bahan alami maka Anda bisa menggunakan daun jati. Daun jati yang masih mudah dan berwarna kemerahan bisa Anda remas-remas ke dalam wadah yang berisi air. Air yang semula bening akan berubah warnanya menjadi kemerahan.

  1. Akar Jati

Akar jati bisa dimanfaatkan sebagi furnitur unik seperti meja, kursi, dll. Pembuatan meja dan kursi dari akar daun jati lebih terlehat unik dan lebih alami.

  1. Ranting Jati

Ranting pada pohon kati dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Ranting pohon jati lebih awet jika digunakan sebagai kayu jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya karena tekstur kayunya lebih padat.

DAPATKAN ANEKA BIBIT BUAH UNGGULAN ASLI, BERKUALITAS DAN TERPERCAYA HANYA DI

TEMPAT KAMI

Kami Jual Bibit Durian dan bibit buah lainnya.

Hubungi Kami :

HP      : 0813-1741-4739 (SMS/WA/TELP)