Jual Bibit Pohon Kelapa Genjah Entok

Jual Bibit Pohon Kelapa Genjah Entok

Jual Bibit Pohon Kelapa Genjah Entok

Jual Bibit Pohon Kelapa Genjah Entok

Pusatbibitunggul.com menjual berbagai macam Bibit Pohon diantaranya Bibit Pohon kelapa genjah entok, dengan harga yang pas,Perusahaan kami memiliki Tenaga Ahli di bidang Pertanian dan juga memiliki sarana prasarana yang memadai sehingga pembuatan Benih / Bibit lebih terjamin mutunya. Karena bibit yang baik akan berpengaruh terhadap hasil tanaman Anda di kemudian hari.

Kelapa genjah entok merupakan kelapa yang berjenis genjah (pendek), sehingga cepat berbuah di usia 3 – 4 tahun. Kelapa genjah entok memiliki ciri khas buah kelapa berwarna hijau dengan pohon cebol dan berbuah lebat.

Meskipun mempunyai batang yang pendek, kelapa genjah terkenal kokoh. Hal ini dikarenakan bentuk batang pohon yang sama besar mulai dari pangkal sampai ujung. Kelapa ini juga dapat tumbuh dimana saja, asalkan tempat tersebut terkena sinar matahari dan memiliki air yang cukup. Pohon ini juga cocok ditanam dipekarangan rumah sebab cukup sedap dipandang mata.

Lantas, apa saja keunggulan dari bibit kelapa genjah entok?

Keunggulan Bibit Kelapa Genjah Entok

  • Kelapa genjah entok dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah, dengan ketinggian kurang dari 600 mdpl.
  • Sifat tanaman yang mudah berbuah.
  • Ukuran buah kelapa genjah entok hampir sama dengan buah kelapa hijau pada umumnya.
  • Buah kelapa genjah entok mempunyai air kelapa yang cukup banyak dengan daging buah yang bertekstur lembut.
  • Bisa dipanen saat berumur 3-5 tahun.
  • Perawatan tanaman ini tergolong cukup mudah.
  • Produktifitas buah hingga 140 butir perpohon tiap tahunnya.
  • Memiliki tinggi pohon yang rendah, sehingga memudahkan untuk proses pemetikan/ panen.

Ternyata, banyak sekali keunggulan dari bibit kelapa genjah entok. Maka dari itu, kenapa banyak orang mencari bibit genjah entok untuk ditanam di pekarangan mereka. Namun, bagi Anda yang belum pernah menanam pohon ini, sebaiknya Anda menyimak penjelasan berikut tentang “Bagaimana cara pemilihan bibit kelapa wulung hingga penanamannya”.

Budidaya Bibit Kelapa Genjah Entok

Bagi Anda yang masih pemula menanam bibit kelapa genjah entok, berikut cara penanaman bibit kelapa entok mulai dari memilih indukan pohon kualitas bagus hingga penanaman bibitnya. Yuk, bisa langsung disimak :

1. Pemilihan Bibit

Untuk tahap pertama, yaitu pemilihan bibit kelapa genjah entok. Dalam pemilihan bibit unggul dapat dilakukan secara sendiri yakni dengan menyemai bibit sendiri atau membeli bibit kelapa genjah entok yang sudah siap tanam.

Jika Anda memilih untuk menyemai bibit sendiri, hal yang perlu diperhatikan adalah memilih pohon induk. Dalam memilih pohoninduk ada beberapa kriteria yang harus dipenuh, yaitu dalam memilih pohon induk yang bagus adalah apabila batang pohon kokoh tegak dan bagian bawahnya tidak menggembung. Tidak hanya itu, batang pohon juga harus mempunyai pelepah dengan warna hijau muda dan cerah. Warna buah sebelum kering adalah hijau muda dan cerah, tidak menunjukkan gejala serangan hama penyakit dan juga berumur maksimal 12 bulan.

Tidak kalah pentingnya dalam memilih bibit unggul harus berasal dari pohon induk terpilih, beumur 12 bulan yang dapat dilihat dari kulit buah kelapa yang berwarna coklat dan berbunyi nyaring apabila buahnya digoncang. Selain itu, buah kelapa harus dalam keadaan sehat, kulit tidak cacat akibat serangan hama penyakit.

2. Penyemaian dan Perawatan Bibit Kelapa Genjah Entok

Setelah mendapatkan buah yang sesuai untuk dijadikan benih, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya, yaitu benih yang sudah disiapkan disayat menggunakan pisau pada tonjolan sabut sebelah tangkai dengan lebar sekitar 5cm. Penyayatan benih ini dikenal dengan istilah pendederan. Setelah dilakukan pendederan dan benih telah bertunas dengan panjang sekitar 3-4 cm, barulah benih dapat dipindahkan ke dalam polybag.

3. Persiapan Lahan Tanam

Lakukan pengolahan lahan tanaman sekitar 1-2 bulan sebelum bibit ditanam, bersihkan lahan tersebut dari tanaman pengganggu, selanjutnya lakukan penggemburan tanah dengan menggunakan cangkul. Jika tanah pada lahan memiliki keasaman yang tinggi maka lakukan pengapuran terlebih dahulu. Kemudian buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 60 cm x 60 cm x 60 cm sampai 100 cm x 100 cm x 100 cm dengan jarak antar lubang tanah sekitar 9 m x 9 m x 9 m. Setelah lubang tanam jadi, beri setiap lubang tanam dengan 300 gram pupuk TSP yang dicampur dengan bagian top soil.

4. Tahap Penanaman Bibit Kelapa

Setelah semua siap, maka selanjutnya lakukan penanaman. Buka polybag yang terdapat bibit kelapa genjah entok dengan penuh kehati-hatian agar tidak merusak akarnya. Kemudian, masukkan bibit pada lubang tanam yang telah disiapkan. Untuk 1 hektar lahan dengan jarak tanam 9 m x 9 m x 9 m, diperlukan sekitar 160 batang bibit, 17 diantaranya adala bibit untuk penyulaman.

5. Perawatan Kelapa Genjah Entok

Jika bibit kelapa genjah entok sudah dipindahkan ketanah, maka perlu dilakukan perawatan yang intensif agar kelapa dapat tumbuh dengan maksimal dan produktif dalam menghasilkan buah. Tanaman kelapa akan sangat rentan terserang gulma. Oleh karena itu, lakukanlah penyiangan gulma secara rutin sebulan sekali pada musim hujan atau dapat juga disesuaikan dengan gulma yang tumbuh. Pohon kelapa harus disiram secara rutin paling tiak 2-3 kali sehari.

 

 

DAPATKAN ANEKA BIBIT POHON UNGGULAN ASLI, BERKUALITAS DAN TERPERCAYA HANYA DI

TEMPAT KAMI

Kami Jual Bibit Pohon dan bibit buah lainnya.

Hubungi Kami :

HP      : 0813-1741-4739 (SMS/WA/TELP)