Khasiat Buah Belimbing Wuluh Yang Belum Banyak Orang Tahu

Khasiat Buah Belimbing Wuluh Yang Belum Banyak Orang Tahu

Belimbing wuluh sering pula disebut dengan belimbing sayur oleh kebanyakan orang. Buah belimbing wuluh dengan ciri khas rasa yang sangat asam ini bisa jadi konsumsi buah segar, sayur, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Buah belimbing wuluh sendiri merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia dan di beberapa negara Asia lainnya. Sebut saja Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia adalah negara dimana tanaman ini juga bisa dengan mudah ditemukan dan dibudidayakan. Iklim, kondisi tanah, dan suhu yang hampir sama membuat belimbing wuluh bisa ditanam di kawasan Asia Tenggara.

Manfaat Tanaman Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Belimbing wuluh merupakan tanaman tropis dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Maka tak heran jika buah ini dimanfaatkan pula unutk tujuan kesehatan. Bukan hanya itu, buah belimbing wuluh juga bisa diambil pula manfaatnya untuk kecantikan. Secara umum, inilah berbagai manfaat yang didapat dari konsumsi buah ini :

1. Membantu mengatasi masalah jerawat

Hampir semua orang pernah mengalami masalah jerawat. Masalah kulit yang satu ini sering muncul di wajah atau bagian tubuh lainnya, seperti punggung dan leher. Sebagai solusi, bisa menerapkan belimbing wuluh ini sebagai masker atau untuk dikonsumsi.

Karena belimbing ini bisa melawan radikal bebas yang menimbulkan masalah pada kulit. Berikut adalah 6 cara untuk menggunakan belimbing wuluh sebagai obat jerawat :

  • Siapkan buah belimbing wuluh segar berwarna hijau
  • Lalu bersihkan belimbing
  • Potong belimbing menjadi potongan-potongan kecil
  • Siapkan satu sendok jus jeruk nipis
  • Campur kedua bahan tersebut
  • Oleskan ke area wajah Anda yang memiliki jerawat
  • Tunggu sekitar 15 menit dan bilas sampai bersih

Lakukan metode di atas secara rutin tiga kali seminggu atau setiap hari. Cara alami ini bisa jadi alternatif mengatasi jerawat. Selain itu buah belimbing wuluh ini bisa jadi solusi dari ketergantungan krim dokter untuk menghilangkan jerawat.

2. Meredakan demam dan flu

Cuaca yang tidak bersahabat seringkali membuat tubuh rentan terhadap demam dan flu. Manfaat wuluh belimbing dapat digunakan untuk meredakan demam dan flu. Kandungan vitamin C yang berlimpah dalam belimbing akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rebus belimbing dan konsumsi rebusan tersebut.

3. Mengobati infeksi karena gigitan serangga

Buah belimbing wuluh juga memiliki manfaat memerangi bakteri yang masuk melalui gigitan serangga. Kandungan antibiotik di dalam daun dan batang tanaman ini dapat mengatasi infeksi bakteri yang disebabkan oleh gigitan serangga.

Manfaat buah belimbing wuluh yang satu ini bisa didapat dengan cara menghaluskan daun pohon belimbing. Setelah halus, campur dengan bawang putih hingga menjadi seperti pasta kemudian oleskan ditempat bekas gigitan serangga.

4. Mengobati sakit gondong

Perawatan gondong secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan belimbing. Belimbing wuluh bermanfaat untuk mengobati gondong. Pilih tanaman belimbing muda dan kemudian campur daun dan batangnya dengan bawang putih hingga menjadi pasta. Resep ini bisa mengobati gondong dan meredakan pembengkakannya.

Untuk membuat ramuan obat gondong ini, siapkan segenggam daun belimbing wuluh dan 3 siung bawang putih. Untuk membuatnya, pertama-tama cuci bersih daun belimbing wuluh dan bawang putih. Tumbuk keduanya hingga halus. Hasil tumbukan dibalurkan pada bagian yang terserang gondong.

5. Mengatasi diabetes

Bagi penderita diabetes bisa memanfaatkan buah belimbing wuluh. Buah ini dapat mengontrol kadar gula darah. Manfaat buah belimbing ini juga bisa menurunkan kadar gula darah. Kadar gula darah secara bertahap dapat kembali normal menggunakan belimbing. Manfaat ini bisa didapatkan dari air rebusan buah atau dengan mengkonsumsinya dalam keadaan segar.

6. Mengatasi wasir

Wasir adalah masalah medis yang membuat seseorang tidak nyaman. Belimbing wuluh bermanfaat untuk menghilangkan pembengkakan pada wasir dan mengurangi rasa sakit.

7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kesehatan tulang biasanya secara bertahap akan melemah seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan karena asupan dan cadangan kalsium yang diperlukan untuk tulang dan gigi hanya tinggal sedikit di dalam tubuh.

Sebagai solusi, bisa menggunakan belimbing wuluh untuk mempertahankan asupan kalsium untuk tulang dan gigi. Dalam buah ini terkandung kalsium yang membantu memampatkan struktur tulang dan gigi.

8. Mencegah resiko hipertensi

Masalah ini dipicu karena aliran darah yang tidak normal atau terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan jantung mengalami kesulitan memompa darah. Untuk itulah, maka bisa memakai belimbing wuluh sebagai solusi untuk menormalkan kembali tekanan darah. Cara membuat ramuan buah belimbing wuluh untuk mengobati hipertensi adalah :

  • Cuci 3 buah belimbing segar
  • Rebus belimbing wuluh dengan menambahkan 2 gelas air dan satu batang daun seledri
  • Kemudian tunggu hingga air rebusan tinggal tersisa satu gelas
  • Minum sekali sehari sampai tekanan darah kembali normal

9. Mengatasi sariawan

Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang sering ditemukan di mulut. Tanda penyakit ini adalah adanya benjolan di mulut, tepatnya di bibir bagian dalam. Alasan seringnya timbul sariawan ini adalah karena kekurangan vitamin C. Sebagai solusi, konsumsilah belimbing wuluh segar atau bisa juga dengan membuat ramuan sendiri, dengan cara :

  • Ambil 1 buah belimbing segar
  • Parut belimbing wuluh
  • Oleskan ke daerah mulut yang terkena sariawan
  • Lakukan 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal