Khasiat Daun Bidara Serta Manfaat Pohon Bidara Dan Buah Bidara

Khasiat Daun Bidara Serta Manfaat Pohon Bidara Dan Buah Bidara

 

Pohon bidara disebut juga dengan widara. Nama ilmiahnya adalah Zizipus mauritiana. Banyak masyarakat mulai mengenal khasiat daun bidara. Secara umum, tanaman ini mudah tumbuh dengan baik di kawasan dengan lingkungan yang cenderung kering. Meskipun demikian, di Indonesia juga mudah ditemukan dan ditanami pohon ini.

Pohon Bidara adalah tanaman keras. Pohon yang tertulis dalam Al-Qur’an ini dapat hidup di lingkungan dengan suhu hangat dan kering. Pohon ini asli dari Timur Tengah yang memiliki iklim hangat, namun tetap bisa dibudidayakan di Indonesia.

Pohon Bidara sudah banyak ditanam di Indonesia karena masyarakat telah sadar akan khasiat daun bidara dan buahnya yang beragam.  Selain alasan kesehatan, masyarakat juga sudah mulai banyak membaca dan belajar sehingga memahami Sunnah dan merasakan langsung khasiat daun Bidara.

Karakteristik Tanaman Pohon Bidara

Daun dan bentuk batang pohon bidara sangat unik. Ukuran pohon tergolong kecil dan termasuk tanaman perdu. Ranting-ranting pohonnya cenderung pendek dengan warna daun yang hijau. Dengan lingkungan dan kondisi tumbuh yang baik, tanaman ini bisa mencapai tinggi hingga 15 meter.

  • Perbungaan tumbuh di ketiak daun dengan panjang 1-2 cm. Untuk ukuran bunganya kecil, dengan warna kekuningan dan sedikit harum. Ada 5 kelopak bunga dengan bentuk cekung.
  • Buah dari tanaman ini berbentuk bulat dan cenderung oval. Pohon bidara yang dibudidayakan di perkebunan pada umumnya memiliki ukuran buah 6 cm x 4 cm. Meskipun ada pula buah bidara yang berukuran kecil.
  • Ciri pohon bidara ini adalah halus, mengkilap, dengan kulit tipis. Warna buah bidara ini adalah kekuningan hinga  kemerahan. Ada pula yang berwarna lebih gelap terutama saat buah mencapai kematangan yang sempurna.
  • Daging buahnya berwarna putih dan banyak yang menjadikannya sebagai makanan dan minuman. Buah dapat dipakai sebagai jus dengan rasa yang cukup asam. Meskipun demikian ada pula sensasi rasa manis dari buah ini pada saat buah pohon bidara sudah matang.

Khasiat Daun Bidara Bagi Manusia

Sebagai tanaman yang bisa dibudidayakan, maka tanaman ini menyimpan banyak manfaat, terutama khasiat daun bidara yang sudah banyak diketahui. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat pohon bidara :

1. Daun Bidara Sebagai Obat Flu

Kandungan antibakteri dalam daun bidara mampu secara efektif mencegah pertumbuhan bakteri dan virus. Influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus, sehingga daun bidara dapat digunakan sebagai obat flu, seperti pilek dan batuk. Selain flu biasa, sebagai efek antibakteri dari daun bidara juga dapat menyembuhkan flu burung dan flu babi yang disebabkan oleh virus.

2. Khasiat Daun Bidara Obati Diabetes Mellitus

Daun bidara mengandung indeks glikemik yang sangat rendah. Glikemik adalah kadar gula dalam suatu jenis makanan atau tanaman. Konten ini mampu menghambat peningkatan kadar gula darah. Itulah yang membuat bidara efektif dalam menyembuhkan diabetes mellitus tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestasional.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Khasiat daun bidara yang cukup terkenal adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Unsur penyusun tulang dan gigi adalah mineral kalsium. Daun bidara dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi agar tidak mudah rapuh.

4. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Masalah kewanitaan menjadi dilema tersendiri karena bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. Kandungan antiseptik pada daun bidara muda dan segar dapat mengatasi masalah keputihan dan menstruasi. Cara kerjanya dengan menstabilkan hormon sehingga menstruasi kembali normal dan menekan bakteri yang menyebabkan keputihan.

5. Mengandung Folat Yang Bermanfaat

Folat yang terkandung dalam daun bidara sangat bagus untuk wanita hamil. Manfaatnya adalah memperkuat kandungan dan kesehatan janin. Selain itu, dapat pula membantu perkembangan dan pembentukan jaringan janin.

6. Membantu Penyembuhan Luka Dengan Cepat

Kulit yang terluka sebab terbakar bisa dibantu pengobatannya dengan daun bidara.  Daun ini bisa menghilangkan rasa sakit, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan dengan cepat. Alasannya, di dalam daunnya mengandung zat antiinflamasi.

Zat antiinflamasi adalah senyawa yang dapat menyembuhkan radang akibat goresan benda tertentu. Dengan menggunakan zat-zat ini, maka secara efektif bisa mengurangi gejala kemerahan dan bengkak.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun bidara dapat dikonsumsi dengan dibuat jus atau diminum sarinya. Jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, maka dapat meningkatkan sistem kekebalan terhadap serangan bakteri berbahaya. Di dalam daun mengandung zat antioksidan aktif.

Senyawa ini mampu menghilangkan radikal bebas dan kontaminasi bakteri eksternal. Selain itu, dapat mengurangi degradasi oksidatif. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

 

DAPATKAN ANEKA BIBIT POHON UNGGULAN ASLI, BERKUALITAS DAN TERPERCAYA HANYA DI

TEMPAT KAMI

Kami Jual Bibit Durian Merah dan bibit buah lainnya.

Hubungi Kami :

HP      : 0813-1741-4739 (SMS/WA/TELP)