Manfaat Buah Anggur Dan Cara Budidaya Tabulampot Anggur

Manfaat Buah Anggur Dan Cara Budidaya Tabulampot Anggur

Anggur adalah tanaman buah perdu yang tumbuh dengan cara merambat pada media tertentu. Buah Anggur memiliki varian rasa dari manis hingga asam ini termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini umumnya digunakan untuk membuat jus, agar-agar, minyak biji anggur, dan kismis.

Dengan fakta di atas maka tak heran jika banyak yang membudidayakan buah ini. Dengan banyaknya varian dan jenis dari buah yang manis ini, membuat para petani dapat menanam bermacam-macam varietas dalam satu lahan. Jenis tanaman ini juga bisa dibudidayakan sebagai tanaman buah dalam pot atau disebut dengan tabulampot anggur. Inilah yang membuat siapa saja bisa menanam buah perdu yang satu ini tanpa harus menyediakan lahan yang luas.

Manfaat tanaman anggur bagi kesehatan

Buah anggur memiliki banyak varian warna. Buah ini bisa ditemui dengan warna buah beragam, seperti hijau, merah atau hitam. Tidak hanya rasanya enak, tetapi manfaat anggur untuk kesehatan juga tidak sedikit. Manfaat anggur dapat diperoleh baik ketika dimakan segar atau setelah diolah menjadi jus, jeli, selai anggur dan bentuk olahan lainnya.

Inilah yang menyebabkan banyak orang yang menyukai buah anggur. Bahkan tidak sedikit yang ingin memulai metode budidaya tabulampot anggur yang menghasilkan produksi buah melimpah. Namun, belum tahu cara budidayanya, maka bisa melihat dulu apa saja manfaatnya bagi kesehatan :

1. Mencegah masalah pada jantung

Dipercaya bahwa kandungan polifenol dalam anggur dapat membantu mencegah masalah jantung. Kandungan ini pula mampu melawan radikal bebas, memiliki efek anti inflamasi dan mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

2. Membantu mencegah kanker

Ekstrak kulit dan biji anggur mengandung bahan-bahan alami yang dapat membantu menunda atau mencegah beberapa jenis kanker. Karena itu, konsumsi dalam  jumlah tepat secara teratur mampu mendukung gaya hidup sehat dengan semua kandungan yang dimilikinya.

3. Mengurangi tekanan darah tinggi

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah anggur dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, anggur juga memiliki kandungan kalium tinggi, yang membantu menghilangkan efek natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah tinggi bisa berkurang.

4. Membantu meningkatkan memori

Penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya antioksidan dapat membantu mengurangi stres oksidatif. Inilah yang berkontribusi untuk menunda penuaan, meningkatkan kinerja memori dan fungsi motorik pada tubuh. Selanjutnya, buah ini juga dianggap bisa membantu dalam mengatasi gangguan saraf otak, seperti penyakit Alzheimer.

5. Mengurangi risiko diabetes

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga porsi anggur, kismis, apel, atau pir per minggu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Buah ini termasuk buah-buahan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Inilah yang diyakini bisa membawa manfaat baik untuk penderita diabetes.

6. Melindungi retina mata

Anggur yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada retina mata.  Mengonsumsi ekstrak biji anggur juga dapat membantu mengurangi stres mata karena cahaya yang terlalu terang.

7. Memperlambat penuaan

Anggur juga mengandung resveratrol yang dapat membantu mencegah penyakit degenerative. Selain itu, anggur juga mengandung asam lemak esensial linolenat yang berfungsi mengurangi peradangan dan meningkatkan sensitivitas kulit.