Mangga Alpukat Buah Yang Lagi Hits Dari Indonesia

Mangga Alpukat Buah Yang Lagi Hits Dari Indonesia

Mangga Alpukat Buah Yang Lagi Hits Dari Indonesia

Mangga Alpukat Buah Yang Lagi Hits Dari Indonesia

Mangga alpukat adalah sebutan untuk mangga yang bisa dimakan menggunakan sendok yang buahnya bisa di belah tengah seperti halnya cara memakan alpukat. Mangga ini adalah hasil perkawinan antara mangga madu dengan mangga gadung. Mangga jenis ini pertama kali dibudidayakan di Pasuruan, Jawa Timur dan sekarang mangga alpukat ini mulai dikembangkan di Rembang, Sukorejo dan Wonorejo. Mangga alpukat sangat lezat di santap dan mahal harganya karena pohon akan berbuah jika pohon telah berusia 5-6 tahun dan masa panennya sekitar 3-4 bulan setiap tahunnya atau pada bulan Agustus-November. Untuk menikmati mangga ini harus secara masak di pohon, tidak bisa di eram seperti halnya mangga biasa. Mangga alpukat ini bisa didapatkan di supermarket dan toko buah. Meskipun terbilang buah mangga jenis baru tetapi sudah banyak orang yang tak sabar menikmatinya. Mangga alpukat ini di budidayakan di dataran rendah hingga menengah dan pada media tanah humus atau tanah lempung agar pembuahannya optimal. Mangga ini pernah mendapat penghargaan Agrobisnis Holtikultura pada tahun 2013.

Manfaat mangga alpukat ini juga ternyata sangat beragam seperti beberapa khasiat yang akan kami berikan kali ini.

  1. Mengatasi Anemia

Dalam mangga alpukat ini mengandung zat besi cukup yang sangat dibutuhkan penderita anemia. Mengkonsumsi buah ini secara teratur maka akan mencegah gejala anemia seperti mengatasi lelah sekaligus meningkatkan jumlah dari sel darah merah pada tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Dalam mangga alpukat memiliki kandungan vitamin B6 yang banyak dan sangat dibutuhkan untuk menjaga sekaligus memperbaiki fungsi dari otak. Vitamin ini akan meningkatkan penggabungan neurotransmitter utama yang berguna untuk menentukan mood dan juga modifikasi pola tidur seseorang.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi dalam tubuh bisa diturunkan dengan mengkonsumsi mangga alpukat karena mengandung pektin. Selain itu, mangiferin yang juga merupakan salah satu senyawa dalam jenis mangga ini sangat baik dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh sehingga juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Mencegah Asma

Asam yang meskipun merupakan penyakit umum ini juga bisa berdampak membahayakan bagi tubuh. Mengkonsumsi mangga alpukat yang tinggi akan kandungan vitamin C ini sangat baik untuk mengurangi serangan asma sehingga bisa dikonsumsi setiap hari.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mata menjadi salah satu organ penting untuk manusia dan harus selalu dijaga kesehatannya. Vitamin A dan juga beta karoten yang ada dalam buah mangga alpukat sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata dan secara khusus sangat dibutuhkan untuk mendukung fungsi dari retina serta menyehatkan otot dan saraf mata.

 Bagaimana cara menanam dan merawat pohon mangga alpukat dengan baik sehingga dapat cepat berbuah dan banyak? Ikuti langkah-langkah berikut.

Memilih bibit

Tanaman mangga alpukat dapat dikembangbiakkan baik secara generatif maupun vegetatif. Cara generatif atau pembibitan dari biji lebih murah, tetapi hasilnya lama. Cara pembibitan tanaman mangga alpukat yang paling efektif adalah dengan cara vegetatif, baik cangkok ataupun stek. Jika Anda membeli bibit, pastikan tempat Anda membeli bibit benar-benar menjual bibit mangga alpukat asli.

Persiapan lahan dan media tanam

Pohon mangga alpukat akan terus tumbuh besar dan tinggi seperti pohon-pohon mangga pada umumnya. Untuk itu, Anda harus perhatikan benar di mana hendak menanam bibit ini. Jika sudah ditentukan lokasi yang tepat, buat lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm atau disesuaikan dengan tinggi bibit. Masukkan pupuk kompos atau humus, diamkan selama 1 minggu. Siram bibit tanaman mangga alpukat dengan air secukupnya 1 hari sebelum ditanam.

Perawatan dan pemeliharaan

Perawatan tanaman mangga alpukat tidak jauh berbeda dari tanaman mangga jenis lainnya. Pertama, penyiraman. Penyiraman harus dilakukan secara rutin dengan memerhatikan cuaca. Jika cuaca panas dan kering seperti di musim kemarau, intensitas penyiraman perlu diperbanyak. Sebaliknya, di musim hujan ketika air melimpah, frekuensi penyiraman dikurangi.

Pemanenan

Dengan bibit yang berasal dari cangkok, buah mangga alpukat sudah dapat dipanen pada saat tanaman berusia 3 tahun. Bahkan, pada umur 2 tahun tanaman ini akan mulai belajar berbuah, meskipun hasilnya tentu belum optimal. Rasa buahnya masam dan ukurannya kecil. Pada masa inilah sebaiknya dilakukan penjarangan buah. Hasil yang lebih baik akan diperoleh pada musim berbuah berikutnya. Dengan perawatan dan pemeliharaan yang baik, disertai cuaca yang mendukung, tanaman mangga alpukat dapar dipanen 1 – 2 kali dalam setahun

DAPATKAN ANEKA BIBIT BUAH UNGGULAN ASLI, BERKUALITAS DAN TERPERCAYA HANYA DI

TEMPAT KAMI

Kami Jual Bibit Durian Merah dan bibit buah lainnya.

Hubungi Kami :

HP      : 0813-1741-4739 (SMS/WA/TELP)