Membudidayakan Tanaman Bayam Dan Manfaat

Membudidayakan Tanaman Bayam Dan Manfaat

Membudidayakan Tanaman Bayam Dan Manfaat

Membudidayakan Tanaman Bayam Dan Manfaat

Bayam merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting bagi tubuh.

Berikut ini langkah-langkah melakukan budidaya bayam organik, untuk jenis bayam cabut baik yang berdaun hijau maupun merah.

  1. Penyiapan benih bayam

    Benih untuk budidaya bayam disiapkan melalui perbanyakan biji. Benih diambiul dari tanaman bayam yang dipelihara hingga tua berumur sekitar 3 bulan. Apabila tanaman masih muda sudah diambil bijinya, daya simpan benih tidak lama dan tingkat perkecambahan rendah. Benih bayam yang baik bisa disimpan hingga umur satu tahun.

  2. Pengolahan lahan budidaya bayam organik

    Pertama-tama haluskan tanah dan buat bedengan. Lebar bedangan satu meter dan tinggi 20-30 cm sedangkan panjangnya mengikuti kondisi lahan. Jarak antar bedengan 30 cm.

  3. Penebaran benih bayam

    Benih bayam sangat kecil, dalam budidaya bayam biasanya benih ditebar dengan tangan atau saringan. Usahakan benih menyebar dengan baik. Kepadatan tebar benih adalah 0,5-1 gram per meter persegi.

  4. Perawatan budidaya bayam

    Perawatan yang paling penting dalam budidaya bayam adalah pengaturan air, terutama saat awal benih ditebar. Lakukan penyiraman dua kali sehari saat musim kemarau. Jaga selalu kelembaban tanah hingga bayam berkecambah.

  5. Panen dan pasca panen

    Budidaya bayam bisa dipanen mulai 20 hari setelah tanam atau tinggi tanaman sekitar 20 cm. Dengan pencabutan rata-rata panen yang dihasilkan dalam satu hektar adalah 20 ton.

Manfaat Tanaman/Sayuran Bayam

  1. Mengurangi radang
  2. Menjaga sistem kekebalan tubuh
  3. Baik bagi penderita diabetes
  4. Mencegahan kanker

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau seperti bayam mengandung klorofil.

  5.  Mencegah anemia

    Manfaat sayur bayam bisa mencegah anemia karena bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang baik.

  6. Menjaga kesehatan mata

    Selain wortel, manfaat bayam juga bisa menyehatkan mata.

  7.  Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat sayur bayam yang tidak disangka adalah kemampuannya menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Ini karena bayam kaya akan serat dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

TEMPAT KAMI

Kami Jual Bibit Durian dan bibit buah lainnya.

Hubungi Kami :

HP      : 0813-1741-4739 (SMS/WA/TELP)