Tanaman Buah Nangka Madu

Tanaman Buah Nangka Madu

Tanaman Buah Nangka Madu

Tanaman Buah Nangka Madu

Tanaman buah nangka madu  merupakan salah satu varietas nangka unggulan yang berasal dari negara jiran, Malaysia. secara fisik, tanaman nangka madu memiliki tampilan yang hampir sama denga jenis nangka lokal yang sudah ada di Indonesia. Hanya saja, Buah nangka madu berbentuk bulat lonjong dan berukuran besar, bobot satu buah nangka madu bisa mencapai lebih dari 25 kg/buah. Kulit luar buah nangka madu berwarna hijau saat masih mudan dan akan tetap berwarna hijau walaupun sudah matang. Daging buahnya berwarna kuning keemasan, daging buahnya tebal, teksturnya lembut dan mempunyai aroma yang kuat.

Buah nangka madu dapat dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar. selain dikonsumsi sebagai buah konsumsi, buah nangka madu juga sering diolah menjadi aneka jenis makanan antara lain : dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka-goreng-tepung, keripik nangka, dan lain-lain. Biji buah nangka madu yang dikenal dengan istilah “beton”, dapat direbus dan dimakan sebagai sumber karbohidrat tambahan. Biji nangka juga bisa dijadikan tepung. Biji nangka yang direbus secara terpisah atau tidak diikutkan dalam masakan kolak, dapat dimakan seperti halnya kita makan singkong. Biji nangka bisa juga dimasak dengan cara digoreng.

Dalam budidaya nangka madu, perawatan tanaman buah nangka madu tergolong agak mudah. Tanaman buah pemilik nama latin Artocarpus heterophyllus ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga ketinggian 800 m dpl. Jenis tanah yang disukai oleh pohon nangka madu adalah tanah yang gembur dan agak berpasir. Pohon nangka madu juga menginginkan tempat yang mampu memberikan penyinaran sepanjang hari. hal ini bertujuan untuk memacu proses fotosintesa dan pertumbuhan, Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan terganggunya pembentukan bunga & buah serta pertumbuhannya..

Dengan perawatan yang baik, Bibit tanaman buah nangka madu akan mulai belajar berbuah pada umur 3-4 tahun sejak penanaman (hasil oklasi/sambung/cangkok).  Agar mendapatkan hasil yang optimal, lakukan penyiraman secara teratur, pembersihan gulma juga diperlukan agar nutrisi tetap terjaga. Agar tanaman nangka madu cepat berbuah, sebaiknya lakukan pemupukan. Pemberian pupuk organik berupa pupuk kandang atau pupuk kompos 1-2 kali setahun sebanyak 20 kg per tanaman. selain itu, pemberian pupuk anorganik juga diperlukan, pupuk anorganik diberikan sesua dengan kebutuhan dan umur tanaman nangka madu.

DAPATKAN ANEKA BIBIT DURIAN UNGGULAN ASLI, BERKUALITAS DAN TERPERCAYA HANYA DI

TEMPAT KAMI

Kami Jual Bibit Durian Merah dan bibit buah lainnya.

Hubungi Kami :

HP      : 0813-1741-4739 (SMS/WA/TELP)